Wednesday, September 15, 2010

Tips Mengobati Masuk Angin

Masuk angin bisa jadi merepotkan, apalagi kalo pas butuh menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Umumnya orang-orang yang kerap kena masuk angin atau trapped wind adalah orang-orang yang sedang kerja lembur, bergadang karena insomnia, atau yang sedang melakukan perjalanan jauh. Saya sendiri termasuk sering masuk angin, dikarenakan jam tidur yang tak keruan. Dan kalau udah masuk angin, yang biasanya saya lakukan untuk mengobatinya adalah:

1. Pijet-pijet sendiri

Saya biasanya pijet-pijet sendiri sambil 'glegegan' alias bersendawa mengeluarkan angin. Bagian-bagian yang dipijat adalah tengkuk (leher belakang) dan tempurung kepala. Saya coba pijat titik-titik di kepala yang tidak biasa, yang selain pelipis. Biasanya saya seperti menemukan titik-titik tertentu yang langsung ngaruh dan bikin saya bersendawa seketika.

Tapi kalo malah bikin tambah mual, saya langsung berhenti.

2. Minum air hangat

Minum banyak air putih, dianjurkan yang hangat. Atau buatlah secangkir teh panas yang segar. Dijamin berkhasiat mendorong gas keluar dari tubuh.

Eh, oleh jalan itu (by the way), kalian doyan teh tawar/pahit alias teh yang nggak pake gula, nggak? Saya doyan lho. Baru setahunan ini saya menemukan bahwa teh tawar ternyata lebih menyegarkan daripada teh manis. Awalnya saya sering meratiin pakde saya suka mesen teh tawar setiap makan di rumah makan atau restoran. Waktu itu saya nggak bisa bayangin gimana sih bisa nikmatin minum teh sepat tanpa campuran gula gitu? Tapi setelah nyoba, eh ternyata saya suka dan malah keterusan. Lumayan, buat bantu nurunin berat badan . Plus jadi nggak repot ngaduk-ngaduk lagi... tinggal celup, dan goreng. Eh salah. Itu kan iklan bumbu tempe. Maksudnya... tinggal celup aja.

Tapi bagi yang lebih suka pake manis, pake gula atau madu juga nggak masalah. Memang lebih nikmat apalagi kalo buat buka puasa tuh, bentar lagi. Emang tiada duanya deh. Apalagi kalo disambung mi goreng pake udang. Nyamm... Udah, udah, balik ke benang merah (dalang parto mode: on) hehe.

3. Minum obat

Mungkin ini cara yang paling ringkas, tapi ya tergantung juga ngefek apa nggak. Obat-obatan warung untuk masuk angin saya percaya karena label JAMU di sudut kemasannya, tapi kadang bekerja, kadang tidak bagi saya. Kalo sudah begitu, saya minum obat yang satu ini, obat yang menurut saya all-in-one untuk sakit kepala, masuk angin, bahkan menurut saya berperan sebagai sejenis Xanax atau obat penenang! ???

Obat migrain merek Poldanmi*g lah yang saya percayakan sebagai obat multifungsi yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit sekaligus itu. Saya bahkan berpikir untuk menyimpannya dalam botol sebagai persediaan di perjalanan. Obat ini memiliki efek luarbiasa untuk:

- merilekskan otot-otot tubuh sehingga mengurangi dan menghilangkan stres/ketegangan pada otot sekitar tengkuk dan kepala (yang kerasa banget di bagian tengkuk)
- mengeluarkan gas (lewat 'atas' maupun 'bawah' ) -> ini yang paling penting
- menghilangkan sakit kepala mulai dari yang ringan sampai yang tak tertahankan
- membuat kita tertidur (biasanya cuma sebentar) kemudian bangun dengan perasaan PLONG*

Walaupun begitu, ada pula efek sampingnya, antara lain:

- perut terasa keroncongan seperti nggak makan seharian
- badan terasa agak lemas seperti habis berolahraga (saya duga karena otot-otot dikendurkan saat obat bekerja)

Ya, saya kira hanya itu efek sampingnya. Tidak begitu mengganggu dan bisa segera dipulihkan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman seperti nasi, susu atau roti.

Tapi emang sih lebih baik kalo kita bisa mencegah sebelum kejadian. Seperti pepatah 'jaman batu' yang mau saya kutip lagi disini, "Lebih baik mencegah daripada mengobati." Caranya... pastikan aja suhu tubuh tetap hangat dengan pakaian tertentu atau bekerja sambil ditemani minuman hangat, apalagi minuman herbal yang bermanfaat menghangatkan seperti bandrek yang terbuat dari jahe dan rempah-rempah. Wuih hangat dan nikmat...slurp!


Akhir posting, semoga rekan-rekan yang sedang, baru mulai atau sudah bekerja dari malam sampe jam segini non-stop terhindar dari yang namanya masuk angin. Dan semoga postingan yang kurang berbobot ini sedikitnya bisa bermanfaat bagi semua orang yang kebetulan 'terseret' sampai disini dan pastinya rekan-rekan MP. Dan jangan lupa, kalo uda mampir, dikomen ya!

Good morning and good luck on anything.

HUP! [terbang]

______________________________
* kadang-kadang juga nggak sampe bikin tidur, tapi dianjurin istirahat dan tidur setelah minum obatnya biar bisa bekerja optimal.

No comments:

Post a Comment